Senin, 27 Februari 2012

TOPOLOGI KOMPUTER


TOPOLOGI KOMPUTER
Nomor Jenis Topologi Kelebihan  Kekurangan
1 Topologi BUS Hemat kabel  Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Layout kabel sederhana  Kepadatan lalu lintas
Mudah dikembangkan  Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain Diperlukan repeater untuk jarak jauh
Paling sederhana di banding dengan topologi lainnya. Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
  Hanya satu computer yang dapat mengirimkan data yang berupa sinyal elektronik ke semua computer dalam jaringan tsb,dan di terima oleh satu computer yang di tuju.
2 Topologi TokenRING Hemat kabel             Peka kesalahan
Menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan. Pengembangan jaringan lebih kaku
Identifikasi kerusakan mudah karena sinyal data selalu bergerak lurus dari perangkat pengirim sampai perangkat tujuan. Sinyal akan semakin melemah apabila jarak yang di tempuh untuk mencapai tujuan semakin jauh.
Dalam proses instalasi dan rekonfigurasi secara fisik maupun ligik mudah karena terhubung satu dan hanya satu dengan oerangkat lainnya. Tidak berfungsinya satu link akan mempengaruhi link lainnya.
  Untuk mengatasinya maka dilengkapi repeater.
3 Topologi STAR Paling fleksibel               Boros kabel                      
Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain Perlu penanganan khusus
Kontrol terpusat Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan  
Kemudahaan pengelolaan jaringan  
4 Topologi Mesh Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan Setiap perangkat harus memiliki I/O port. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.
Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih cepat.Satu link di gunakan kusus untuk berkomunikasi dengan computer yang di tuju. Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena computer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.
Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.  
Mudah dalam proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.  
5 Topologi Tree Seperti topologi star perangkat terhubung pada pusat pengendali /HUB. Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya , termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.
Tetapi HUB dibagi menjadi dua,central HUB,dan secondary HUB  
Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.  
6 Topologi Extended Star Jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu, tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus . Tidak dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.
7 Topologi Linear Hemat kabel, Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Tata letak kabel sederhana Kepadatan lalu lintas tinggi
Mudah dikembangkan, tidak butuh kendali pusat, dan penambahan maupun pengurangan penamat dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan. Keamanan data kurang terjamin, kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah, dan diperlukan pengulang (repeater) untuk jarak jauh.
8 Topologi Hybird Adalah gabungan dari beberapa atau banyak tipologi


Terima kasih sudah datang ! Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan, tolong tinggalkan komentar ya ! Terima Kasih sekali lagi !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar