Sabtu, 25 Februari 2012

Arus Bolak-Balik (AC)

  Arus bolak-balik (AC/alternating current) adalah arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan arus searah dimana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).
(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
     Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun ada pula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut.
(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
Ciri-Ciri Umum Arus AC dan Arus DC
Arus Bolak-Balik (AC)
Arus Searah (DC)
·         Sumbernya dari stopkontak PLN
·         Tidak pernah dari baterai
·         Arah arusnya bolak-balik dan bukan searah
·         Karena arusnya bolak-balik kita dapat tersetrum
·         Sumbernya selalu dari baterai/aki
·         Bukan dari stopkontak PLN
·         Arah arusnya searah, sesuai kutubnya
·         Kalau tersentuh kita tidak akan tersetrum tetapi akan terasa panas
(Sumber   :http://ravimalekinth.wordpress.com/2010/06/02/listrik-perbedaan-arus-ac-dan-dc/) 
Perbedaan Arus AC dan Arus DC
AC merupakan singkatan dari Alternating Current. Arus AC adalah arus listrik yang nilainya berubah terhadap satuan waktu. Arus ini dapat pula disebut dengan arusbolak-balik. Listrik arus bolak-balik dihasilkan oleh sumber pembangkit teganganlistrik yang terdapat pada pusat-pusat pembangkit tenaga listrik. Padaumumnyalistri arus bolak-balik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai penerangan rumah (lampu) dan keperluan rumah tangga seperti kipas angin, setrika, dan lain-lain.
 (Sumber   : http://www.scribd.com/doc/70463578/Perbedaan-Arus-Ac-Dan-Dc)
Sementara itu, DC merupakan singkatan dari Direct Current. Arus DC adalah arus listrik yang nilainya tetap atau konstan terhadap satuan waktu. Arus ini dapat puladisebut dengan arus searah. Contoh sumber listrik arus searah adalah baterai danakumulator (accu). Karena itulah listrik banyak digunakan untuk alat elektronik,control, automotive, dan lain-lain.
 (Sumber   : http://www.scribd.com/doc/70463578/Perbedaan-Arus-Ac-Dan-Dc)
Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari bentuk gelombangnya. Bentuk gelombang ini dapat diteliti dengan menggunakan osiloskop. Osiloskop adaah alat yang digunakan untuk melihat gelombang sinus yang ditimbulkan tenaga AC dan DC.
 (Sumber   : http://www.scribd.com/doc/70463578/Perbedaan-Arus-Ac-Dan-Dc)
Perbedaan yang kedua dapat dilihat dari metode penggunaannya. Arus AC memiliki besar dan arah yang berubah-ubah secara bolak-balik. Maksudnya, kutub arus ini selalu berubah-ubah dari positif ke negartif dan negative ke positif. Karena itulah, walaupun stop kontak dipasang bolak-balik tidak akan terjadi konsleting ataupun kerusakan lainnya. Sebaliknya jika sebuah baterai yangmerupakan listrik arus DC dipasang terbalik, maka beterai tidak akan berfungsi. Bahkan untuk alat-alat listrik DC lain akan terjadi ketidaknormalan fungsi. Hal ini terjadi karena kutub arus DC tidak pernah berubah dari positif ke negatif maupun sebaliknya.
 (Sumber   : http://www.scribd.com/doc/70463578/Perbedaan-Arus-Ac-Dan-Dc)


Terima kasih sudah datang ! Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan, tolong tinggalkan komentar ya ! Terima Kasih sekali lagi !

5 komentar:

  1. minta tolong contoh AC.. mksh

    BalasHapus
  2. Contoh arus bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari yaitu generator listrik pada pusat pembangkit listrik. Generator listrik pada pusat pembangkit tenaga listrik yang arus listriknya mengalir ke rumah kita (listrik PLN) menghasilkan arus bolak-balik atau AC (alternating current).

    BalasHapus